Jakarta – Nike terbilang sukses dalam mengikat penggila bola lewat iklan   “Write The Future”. Namun kampanye itu justru jadi sebuah kutukan bagi para bintangnya yang berlaga di Piala Dunia 2010 ini.

Kampanye “Write the Future” Nike merupakan tayangan video berdurasi tiga menit yang menceritakan tentang khayalan pemain-pemain bintang seperti Wayne Rooney, Fabio Cannavaro, Didier Drogba, Cristiano Ronaldo, Frank Ribery dan yang lainnya dalam mengontrol takdir mereka menjadi pemain sepakbola dunia.

Namun sayang bukan cerita manis yang dikecap sebagian besar pemain itu. Yang paling tragis tentunya Cannavaro & Ribery yang mencatat tinta hitam di Piala Dunia kali ini. Mereka gagal membawa Prancis serta Italia berprestasi karena tersingkir lebih dini di fase grup.

Bagaimana dengan Rooney? Meski Inggris mampu lolos ke 16 besar namun penampilan Rooney masih di bawah standar dan jika tak jua mampu memperbaiki formnya bukan tak mungkin Rooney beserta Inggris-nya bisa disingkirkan Jerman.

Drogba pun setali tiga uang. Dengan duduk di posisi ketiga dan memiliki satu poin peluang Pantai Gading lolos terbilang berat. Katakanlah Brasil bisa mengalahkan Portugal namun Drogba dan timnya harus bisa menang dengan selisih gol besar dari Korea Utara. Drogba baru mencetak satu gol dan penampilannya terganggu cedera siku.

Nasib lebih baik mungkin jadi milik Ronaldo yang berhasil menjawab keraguan pengamat usai penampilan buruknya di laga perdana kontra Pantai Gading. Ronaldo jadi inspirator kemenangan sensasional 7-0 Portugal atas Korut. Dan Portugal pun diperkirakan akan lolos ke 16 besar mendampingi Brasil.

Kini ditunggu saja apakah Ronaldo mampu membawa Seleccao Das Quinas melaju lebih jauh. Jejak Ronaldo pun diikuti Landon Donovan dan Tim Howard yang jadi bintang iklan juga dengan membawa Amerika Serika lolos dari grup.

Tak hanya mereka-mereka di atas namun kutukan Iklan Nike berlaku pula untuk Ronaldinho dan Theo Walcott yang turut jadi bintangnya. Boro-boro bisa membela negaranya di Piala Dunia, Ronaldinho dan Walcott terpilih ke timnas saja tidak.

Masih tersisa trio Spanyol yang menjadi bintang ‘Write The Future’ yaitu Cesc Fabregas, Andres Iniesta dan Gerard Pique. Saat ini ketiganya tengah berjuang membawa Spanyol lolos dari fase grup jika mampu memenangi laga kontra Chile besok.

Apakah ketiganya mengikuti jejak Ronaldo atau Cannavaro serta Ribery? Kita tunggu saja.