Pelatih Argentina Diego Mardona dan beberapa pemainnya berusaha menghindari tendangan bola saat latihan di Pretoria, Afrika Selatan, Selasa (8/6) kemarin. (Chris McGrath/Getty Images)

Diego Maradona terkenal sebagai pribadi yang nyeleneh. Kelakuan unik pemberi gelar juara dunia 1986 ini rupanya tertular sampai cara dia melatih tim nasional Argentina. Hari ini, sebuah stasiun televisi Argentina melansir video yang menunjukkan cara unik pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Pada akhir sesi latihan yang berlangsung Selasa (8/6) kemarin, ia membagi para pemainnya menjadi dua kelompok. Yang pertama adalah tim yang menang saat latihan. Tugasnya, sederhana, melakukan tendangan langsung ke arah gawang dari jarak sekitar 20 meter.

Di kelompok ini terlihat antara lain bintang Barcelona Lionel Messi, penyerang Real Madrid Gonzalo Higuain, gelandang Atletico Madrid Maxi Rodriquez, dan gelandang veteran Juan Sebastian Veron yang memperkuat klub Estudiantes.

Nah, yang unik, kelompok kedua adalah tim yang kalah. Sekitar tujuh orang diminta berdiri–lebih tepatnya membelakangi–tepat di garis gawang. Kelompok penendang kemudian berusaha memasukkan bola ke arah gawang. Alhasil, mereka yang berada di gawang harus melindungi kepalanya agar tak terkena bola. Meski tidak terlihat jelas siapa-siapa saja yang harus rela jadi target sasaran, tap di antara mereka terlihat striker jangkung Boca Junior, Martin Palermo, nah yang lebih unik lagi Maradona sendiri ada di barisan tim kedua ..

Ada-ada saja memang. Tapi, mudah-mudahan teknik latihan ini bisa dipakai Argentina saat berlaga di Grup B. Tim Tango akan membuka pertandingan melawan Nigeria di Ellis Park Stadium, Johannesburg pada 12 Juni. Lima hari kemudian, Lionel Messi dan kawan-kawan bertemu Korea Selatan sebelum menghadapi Yunani di Peter Mokaba Stadium, Polokwane, pada 22 Juni.